Jumat, 16 September 2016

Kearifan Silat sebagai Paradigma Hidup


Judul buku: Jurus Hidup Memenangi Pertarungan
Penulis: Whani Darmawan
Penerbit: Bentang Pustaka, Yogyakarta
Cetakan: Pertama, Mei 2016
Tebal: xxviii + 294 halaman
ISBN: 978-602-291-202-6


Banyak orang awam berpandangan bahwa silat identik dengan berkelahi. Lebih jauh, silat kadang dipahami sebagai olah tubuh. Namun demikian, silat dapat diposisikan lebih dari hal tersebut. Setidaknya itulah yang ditunjukkan oleh buku ini.

Buku ini ditulis oleh Whani Darmawan, seorang aktor kawakan dari Yogyakarta yang juga belajar silat di Perguruan Silat Budaya Indonesia Mataram (BIMA). Buku ini berisi renungan-renungan tentang dunia silat dalam kaitannya dengan laku hidup sehari-hari. Sudut pandangnya yang cukup bercorak filosofis menunjukkan bahwa penulis buku ini sudah mencapai taraf yang tinggi dalam menghayati laku dan latihan silat yang dijalaninya.

Perspektif yang diangkat buku ini adalah meletakkan silat sebagai paradigma hidup. Menurut Whani, dalam kehidupan setiap manusia pasti mengalami pertarungan, baik dengan orang lain, diri sendiri, atau persoalan tertentu. Dengan demikian, hidup bagi Whani adalah “serentetan latihan panjang dan pertarungan yang tak kunjung usai” (hlm. xxvi).

Kemampuan Whani untuk merefleksikan dunia silat dalam esai-esainya ditopang dengan keterampilannya dalam bertutur dan kejeliannya dalam mengangkat hal sederhana dalam renungan yang bermakna. Pada esai pertama, Whani menegaskan bahwa orang belajar silat mestinya bukan untuk maksud berkelahi. Belajar silat melibatkan kepaduan latihan tubuh, pikiran, dan jiwa. Tak hanya naluri, intelektualitas juga diasah dalam dunia silat (hlm. 3-4).

Menurut Whani, berkelahi kadang tidak membutuhkan alasan yang cukup. Sementara itu, belajar silat pada dasarnya adalah untuk mensyukuri dan memahami fungsi-fungsi tubuh dengan mempelajari cara kerja bagian-bagiannya hingga ke tataran spiritual.

Yang dimaksud tataran spiritual di sini adalah cara pandang yang melampaui dimensi fisik pada berbagai aspek olah tubuh. Contohnya, Whani menjelaskan gerakan berkelit dengan cara memiringkan tubuh yang disebut egos. Egos adalah gerak dasar yang penting yang tidak saja dipelajari untuk menghindar dan meminimalkan benturan, tapi juga untuk posisi menyerang.

Ditarik ke dalam kehidupan sehari-hari, Whani mengangkat ihwal cara hidup yang tak mengumbar konflik dan benturan. Menurut Whani, gesekan atau benturan dengan orang lain sering tak perlu dilakukan, meski bukan berarti kita harus melarikan diri dari masalah. Gerak egos seperti dalam silat itu mungkin memang terkesan tidak gagah dan tidak atraktif. Tapi gerak menghindar seperti egos dalam kehidupan kadang lebih produktif dan lebih bijak (hlm. 43-44).

Di bagian yang lain, Whani bercerita tentang Kazushi Sakuraba, seorang petarung dalam Ultimate Fighting Championship yang aktif pada 1990-an. Sakuraba adalah petarung yang berani tapi dengan kesadaran yang terpoles tanpa nafsu. Di atas pentas, Sakuraba enggan bersikap bombastis. Dia tak melayani tatapan mata yang konon menyimbolkan keberanian mental. Sakuraba tak hanya matang di teknik, tapi juga pada aras mental. Dia menghormati lawannya sebagai manusia (hlm. 195-198).

Di sini silat betul-betul terlihat bukan saja sebagai pendidikan fisik, tapi juga olah mental. Bela diri sebagai teknik diperlukan, tapi lebih dari itu, olah mental juga diperlukan.

Buku ini menggali dan mendedahkan salah satu kearifan yang terpendam dalam seni olah tubuh yang mampu memancarkan kebeningan dalam membaca dinamika kehidupan sehari-hari. Buku ini merupakan sumbangan berharga bagi khazanah kebudayaan Indonesia yang berhasil meneguhkan kaitan erat warisan kebudayaan silat dengan kearifan tradisional yang bersifat abadi.


Tulisan ini adalah naskah awal dari tulisan yang dimuat di Koran Jakarta, 16 September 2016.


0 komentar: